Ticker

6/recent/ticker-posts

Masuki Bulan Ramadan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bagikan Jadwal Imsakiyah


Semarang, DARUS.ID - Memasuki bulan suci Ramadan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler ke-76 UIN Walisongo Semarang membagikan jadwal imsakiyah di masjid sekitar Kecamatan Ngaliyan, Selasa (13/04/21). 

Athok Mahfud, mahasiswa KKN UIN Walisongo mengatakan, pembagian jadwal imsakiyah ini merupakan program kerja individu yang bertujuan membantu masyarakat agar lebih mudah dalam beribadah di bulan Ramadan. 

"Saya keliling mendatangi masjid-masjid di sekitar Ngaliyan, kalau masjid yang belum punya jadwal imsakiyah nanti dibagi. Di jadwalnya kan ada keterangan salat wajib lima waktu, waktu imsak-nya juga. Dengan ini semoga jamaah bisa mengetahui jadwal dan bisa tepat waktu ketika menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini," ujarnya.

Baca Juga: Peduli Tahan Pangan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bagikan Bibit Tanaman

Jadwal yang dibagikan tersebut bersumber dari hasil Lokakarya Imsakiyah Ramadan yang diadakan program studi Ilmu Falak dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Walisongo pada 15 Maret 2021. 

Ada 10 lokasi di sekitar Kecamatan Ngaliyan yang menerima jadwal imsakiyah dari mahasiswa KKN. Antara lain Masjid Nurul Islam, Masjid Al- Ikhlas, Masjid Jabal Rahman, Masjid Darus Syukur, Masjid Al- Mukhtar, Masjid Al Barokah, Masjid Al- Fattah, Masjid Jabal Nur, Masjid Al- Khoiriyah, dan Pondok Pesantren Bina Insani. 

Mahasiswa Ilmu Al- Qur'an dan Tafsir itu melanjutkan, jadwal imsakiyah menjadi pedoman penting bagi umat Islam ketika memasuki bulan Ramadan. Karena takmir atau para jamaah tidak akan kebingungan terkait kapan waktu memasuki salat lima waktu. 

Baca Juga: Persiapkan Rohani Menyambut Bulan Ramadhan

Sekretaris Takmir Masjid Jabal Rahman Ringinwok Ngaliyan, Ali Hariyadi mengucapkan terima kasih atas jadwal imsakiyah yang dibagikan. Ia menilai, jadwal tersebut bisa menjadi pedoman bagi jamaah dalam menjalankan salat lima waktu dan mengetahui waktu imsak. 

"Alhamdulillah, terima kasih, masjid ini banyak jamaahnya. Semoga bisa memberikan gambaran dan pedoman bagi jamaah di bulan puasa ini," ucapnya.

Selain pembagian jadwal imsakiyah, mahasiswa KKN UIN Walisongo juga memiliki program lain di Bulan Ramadan. Yaitu mengisi kultum dan menjadi imam di Masjid Al- Khoriyah Kedungpande serta tadarus Al- Qur'an setiap selesai salat tarawih berjamaah.  

[Rep. Mahfud]

Reactions

Post a Comment

0 Comments