Ticker

6/recent/ticker-posts

Peduli Tahan Pangan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bagikan Bibit Tanaman


Semarang, DARUS.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler ke- 76 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo membagikan bibit tanaman gratis kepada warga di Kelurahan Bangetayu Wetan RT 02 RW 01 Genuk, Semarang, Minggu (11/04/2021). Bibit tanaman tersebut diantaranya cabai keriting, cabai rawit, cabai merah besar, semangka, melon, dan lainnya.

Mahasiswa KKN, Muhammad Fauzan Aflachi menjelaskan, pembagian tersebut dilakukan secara pintu ke pintu agar bisa lebih mengenal masyarakat, dan juga tetap dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi. 

"Kami membagikannya secara door to door. Ya biar aman, bagaimanapun juga tetap memperhatikan prokesnya disini," kata mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam tersebut.

Fauzan juga berharap kegiatan itu dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membudidayakan tanaman secara mandiri dan dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

"Kegiatan ini bertujuan agar meningkatkan tahan pangan bagi warga disini, yang nantinya bisa dimanfaatkan secara mandiri," ucap Fauzan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua RT setempat, Ali Arifin turut mengapresiasi kegiatan positif ini yang nantinya dapat membuat warga gemar bercocok tanam.

"Terima kasih atas partisipasi dari mahasiswa KKN, ini sangat bagus agar dapat mendorong warga giat bertani perkotaan," ujar Arifin.

Selain pembagian bibit tanaman, mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang juga memiliki program lain yaitu memberikan pendampingan belajar kepada anak, baik agama maupun umum. Yang diharapkan dapat meringankan beban orang tua. Terutama orang tua yang tidak bisa mendampingi anak ketika pembelajaran jarak jauh karena harus bekerja.

[Rep. Fauzan/ Red. Mahfud]

Reactions

Post a Comment

0 Comments