Ticker

6/recent/ticker-posts

8 Ciri Berpikir Filsafat

Manusia tidak bisa lepas dari permasalahan. Sebagai layaknya sebuah hidup, masalah memang menjadi hal lumrah dan pasti. Socrates berkata, “Hidup yang tak teruji adalah hidup yang tak layak dijalani.”

Bersama itu pula, Tuhan menganugerahkan akal dan pikiran untuk memecahkan masalah yang dihadapi manusia. Berpikir, bertanya, menyelidiki, menganalisa, adalah fungsi dari akal. Dengan hal tersebut, kita akan dapat menemukan jawaban dari suatu masalah.  

Misalnya ada hujan deras. Kita merasa kedinginan. Itu adalah sebuah masalah. Untuk menyelesaikannya, kita pasti akan berpikir dan bertanya. Bagaimana caranya agar kita tidak kedinginan? Benda apa yang bisa menghangatkan? 

Berpikir erat kaitannya dengan filsafat, yakni kita menggunakan rasio kita dalam membaca permasalahan. Namun tentu tidak sederhana itu. Berpikir yang bagaimana? Berpikir yang seperti apa? 

Untuk meninjau suatu masalah, kita dapat menggunakan prinsip berpikir secara filosofis. Filfasat menjadi sebuah sikap untuk menyelidiki secara kritis, mendalam, terbuka, universal, dan toleran segala permasalahan yang ada dalam kehidupan manusia. 


Berpikir filsafat memiliki karakteristik tersendiri. Muzairi dalam bukunya Filsafat Umum (2015) menyebutkan terdapat delapan ciri berpikir kefilsafatan. Pertama, radikal, atau berpikir sampai ke akar, pokok permasalahan paling mendasar, hingga mencapai hakikat atau subtansi dari masalah tersebut. 

Kedua, universal, artinya pemikiran filsafat menyangkut permasalahan umum manusia. Bahwa persoalan yang dihadapi terjadi pada kebanyakan orang. Ketiga, konseptual, yakni hasil dari generalisasi atau abstraksi pengalaman manusia. Maksudnya di sini kita merumuskan tentang suatu hal yang dialami manusia. 

Keempat, koheren dan konsisten. Koheren berarti sesuai dengan kaidah-kaidah berpikir logis, tidak bertentangan dengan akal. Konsisten berarti tidak mengandung kontradiksi dari prinsip awal.


Kelima, sistematik, artinya pendapat yang diuraikan harus saling berhubungan secara teratur dan terkandung adanya maksud dan tujuan tertentu. 

Keenam, komprehensif, artinya mencakup atau menyeluruh. Berpikir kefilsafatan merupakan usaha untuk menjelaskan suatu permasalahan secara keseluruhan, tuntas, tidak hanya dalam bentuk kepingan atau  bagian saja. 

Ketujuh, bebas, berarti sampai batas-batas luas. Maksudnya tidak terjebak dalam satu sudut pandang, melainkan harus bebas dari hal-hal lain seperti kultur, dan lain sebagainya. 

Terakhir, bertanggung jawab, artinya seseorang yang berfilsafat adalah orang yang berpikir, berpendapat dan sekaligus berani mempertanggung jawabkan hasil apapun.  

(A.M)
Reactions

Post a Comment

0 Comments