Ticker

6/recent/ticker-posts

Tantangan Dakwah di Era Kemajuan Teknologi

Tantangan Dakwah di Era Kemajuan Teknologi

DAKWAH mengalami tantangan semakin berat terutama sejak berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta semakin kompleksnya masalah kemasyarakatan yang dihadapi oleh manusia. Di sisi lain, perkembangan media komunikasi yang semakin modern tampaknya akan sangat membantu aktivitas dakwah Islam. Peluang dakwah Islam akan semakin terbuka lebar ketika para da’i mampu memanfaatkan media massa dengan meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif dari media yang ada.

Fasilitas internet menjadi yang terlengkap dan terefisien. Pasalnya di mana segala bentuk dan macam informasi dapat diakses dengan mudah dan murah termasuk dalam hal ini adalah dakwah di era teknologi didukung dengan semakin menjamurnya warung internet yang memasang tarif murah, kemana dan dengan siapapun. 

Sekarang kita dapat melakukan dakwah dengan mengunakan fasilitas digital bisa melalui radio, televisi, telpon seluler, dan media internet seperti Facebook dan YouTube. Dakwah bisa dilakukan melalui media massa dan diterima oleh orang banyak. Karena sifatnya massal maka penerima pesan dakwah tidak hanya dikalangan tertentu saja. Kalangan yang dijangkau bisa luas begitu pula dampak yang ditimbulkannya. 

Oleh karena itu, kini berdakwah mempunyai tantangan sendiri. Namun, kemajuan teknologi dan informasi, memungkinkan seorang da’i untuk berimprovisasi yang diselingan humor dan hal-hal lain, agar materi ceramahnya tetap menarik untuk disimak serta tidak membuat jenuh bagi mad’u. Kegiatan dakwah akan dapat berjalan secara efektif dan efisien harus menggunakan cara-cara yang strategis dan tepat dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT. 

Salah satu aspek yang bisa ditinjau adalah dari segi sarana dan prasarana dalam hal ini adalah media dakwah, karena dakwah merupakan kegiatan yang bersifat universal yang menjangkau semua segi kehidupan manusia, maka dalam penyampaiannya pun harus dapat menyentuh semua lapisan masyarakat.

Oleh karena itu maka setiap kader dakwah harus selalu sadar dan waspada terhadap perkembangan masyarakat dewasa ini sehingga masyarakat lebih sensitif atau peka terhadap lingkungan sekitar. Ini merupakan sebagian gambaran problematika tantangan dakwah saat ini khususnya di era teknologi dan komunikasi yang mau tidak mau harus kita hadapi dan merupakan tanggung jawab untuk Islam ke depan. Semoga Allah yang maha perkasa senantiasa membimbing member kekuatan kepada kita untuk melaksanakan dakwah dalam rangka memperoleh ridha dan maghfirah dari Allah SWT. 

Referensi: 

Nur Ahmad, Tantangan Dakwah di Era Teknologi dan Informasi, Jurnal Addin Volume 8 Nomor 2



Reactions

Post a Comment

0 Comments