Ticker

6/recent/ticker-posts

Motivasi Hidup dari Filsuf Socrates

Motivasi Hidup dari Filsuf Socrates
Patung Socrates/ Gambar: Istimewa

Motivasi hidup bisa berasal dari siapa saja dan mana saja, termasuk dari Socrates, filsuf Yunani Kuno yang menjadi sosok penting bagi perkembangan tradisi filsafat. 

Socrates ialah generasi pertama dari tiga filsuf besar Yunani yang berpengaruh signifikan dalam khazanah filsafat dan ilmu pengetahuan. Selain dia yaitu Plato, muridnya, serta Aristoteles, murid Plato. 

Socrates dikenal sebagai bapak filsafat karena pengaruh dan keberhasilannya dalam membawa corak antroposentrisme. Menjadikan manusia sebagai pusat pemikiran, berbeda dengan para filsuf sebelumnya yang hanya berfokus pada gejala alam. 

Baca Juga: Ciri Berpikir Filsafat

Socrates tidak pernah meninggalkan karya tulisan semasa hidupnya, sehingga referensi utama tentang pemikirannya bersumber dari muridnya, Plato. 

Pemikiran filsafat Socrates berupa perenungan akan makna dan hakikat kehidupan. Sehingga pemikirannya begitu menginspirasi dan dapat membangkitkan motivasi hidup manusia. 

Dalam berfilsafat, Socrates seringkali mengucapkan kata-kata bijak saat berdialog dengan lawan bicaranya. Dan ketika mendengarkannya, dapat menggerakkan jiwa seseorang sehingga hidup akan menjadi lebih bermakna. 

Baca Juga: Biografi dan Pemikiran Filsafat Plato 

Berikut ini kata-kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup dari filsuf Socrates: 

▪︎ Kehidupan yang tidak teruji adalah kehidupan yang tidak layak untuk dijalani

▪︎ Satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa kita tidak mengetahui apa-apa

▪︎ Untuk menggerakkan bumi, kau harus menggerakkan dirimu sendiri terlebih dahulu

▪︎ Cobalah dulu, baru cerita. Pahamilah dulu, baru menjawab. Pikirlah dulu, baru berkata. Dengarlah dulu, baru beri penilaian. Bekerjalah dulu, baru berharap

▪︎ Kebijaksanaan sejati datang ke masing-masing dari kita ketika kita menyadari betapa sedikit kita memahami tentang kehidupan, diri kita sendiri, dan dunia di sekitar kita

▪︎ Jalan terdekat untuk meraih kemuliaan adalah dengan berusaha keras menjadi apa yang kamu inginkan dan sesuai dengan apa yang kamu pikirkan

▪︎ Kebaikan satu-satunya adalah pengetahuan dan kejahatan satu-satunya adalah kebodohan

(AM)

Reactions

Post a Comment

0 Comments