Ticker

6/recent/ticker-posts

Memudahkan Pembaca Lewat Buku Ajar

Andi Prastowo saat menyampaikan materi "Buku Bahan Ajar" dalam program Akademi Riset dan Penulisan Level 2 

Semarang, DARUS.ID - Memasuki sesi kedua Program Akademi Riset dan Penulisan Level 2 yang digelar pada Sabtu (26/02/22), Griya Riset Indonesia menghadirkan Andi Prastowo, Doktor Studi Islam Konsentrasi Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam materi "Buku Bahan Ajar" yang digelar lewat Zoom Meeting tersebut, Andi mendorong seluruh peserta untuk menulis buku ajar yang dapat dipahami oleh pembaca. Khususnya pembaca dari peserta didik sekolah maupun mahasiswa perguruan tinggi.

"Menulis buku itu fungsinya adalah untuk membantu pembaca yang sulit memahami sesuatu menjadi lebih mudah memahami," ujar penulis buku best seller "Bahan Ajar Inovatif" tersebut.

Baca Juga: Akademi Level 2, Komitmen Griya Riset Indonesia Kembangkan Riset dan Penulisan

Agar suatu karya tulis menjadi lebih mudah dipahami, Andi memberikan tips-tips dalam menulis buku bahan ajar. Antara lain berupa kata kunci, secara teoritik yang harus diperkuat dengan regulasi yang harus bisa diterima.

"Tujuan penulisan yaitu untuk pegangan peserta didik atupun kebutuhan mahasiswa saja yang tidak akan pernah ada habisnya seiring bertambahnya tahun," imbuhnya. 

Baca Juga: Ngainun Naim: Paksakan Diri Menulis

Dosen pengajar program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga tersebut berpesan kepada seluruh peserta program Akademi Riset dan Penulisan Level 2, untuk menulis buku ajar sesuai dengan disiplin keilmuannya masing-masing. 

(Hilman Najib)

Reactions

Post a Comment

0 Comments