Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Berhala yang Membelenggu Kebebasan Berpikir


Francis Bacon, seorang filsuf, ilmuwan, dan negarawan asal Inggris menyebutkan bahwa ada empat berhala (four idols) yang membelenggu kebebasan berpikir (free thinking) seseorang, sehingga dapat membuatnya tersesat dalam pikirannya sendiri

▪︎ Idols of the tribe, kecenderungan untuk mengikuti pendapat dan keyakinan mayoritas orang yang sudah menjadi konsensus bersama.

▪︎ Idols of the cave, terlalu fokus pada pengalaman dan perasaan subjektif yang membuat terkurung dalam gua pikiran yang diciptakan sendiri.

▪︎ Idols of the market, kecenderungan untuk mengikuti dan membenarkan informasi dari seorang tokoh yang disukai atau punya pengaruh besar.

▪︎ Idols of the theatre, keras kepala dan terlalu yakin terhadap ideologi, opini, dan asumsi pribadi yang sudah lama dianut.


Hal-hal yang sudah kita yakini selama ini dan bahkan sudah kita pegang dengan teguh, pada prinsipnya belum tentu sebuah kebenaran. 

Bisa saja hal itu bagian dari berhala di dalam pikiran yang justru membelenggu kita. 

Jadi jangan terlalu mudah mengikuti dan membenarkan informasi maupun fenomena yang kita lihat, dengar, rasakan, dan pikirkan tanpa mempertanyakannya.

Maka di sini sangat penting bagi setiap orang untuk skeptis dan berpikir kritis guna mencari dan membuktikan kebenaran yang memang benar-benar rasional. 

"Bila seseorang mulai dengan kepastian, maka akan berakhir pada keraguan. Bila seseorang mulai dengan keraguan, maka akan berakhir pada kepastian"___ Francis Bacon. 

(AM) 
Reactions

Post a Comment

0 Comments