Ticker

6/recent/ticker-posts

Semarakkan Hari Santri, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Lomba Antar TPA Desa Asinan

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang mengadakan lomba antar Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Desa Asinan, Bawen, Kabupatan Semarang, Minggu (29/10/2023). 

Semarang, DARUS.ID - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Mahasiswa program Kerja Kuliah Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 2 UIN Walisongo Semarang mengadakan lomba antar Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Desa Asinan, Bawen, Kabupatan Semarang.

Kegiatan bertema 'Jihad Santri Jayakan Negeri' tersebut digelar di Masjid Nurul Huda, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Minggu (29/10/2023). Jenis perlombaan yang digelar meliputi azan, praktik salat, dan kaligrafi.

Ketua KKN Reguler 81 Posko 2 UIN Walisongo Bayu Adhel Pradana mengatakan, lomba ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada anak-anak agar mengimplementasikan nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk menyemarakkan Hari Santri Nasional 2023.

"Bertepatan dengan peringatan Hari Santri serta adanya lembaga pembentukan karakter Islami yang ada di TPA Desa Asinan, kami mahasiswa KKN UIN Walisongo ingin menggali serta mengembangkan potensi santri melalui lomba-lomba ini," ucapnya. 

Adhel menuturkan bahwa menang dan kalah sudah menjadi hal yang lumrah dalam ajang perlombaan. Namun yang menjadi poin penting adalah bukan menjadi juara melainkan peningkatan kualitas masing-masing individu setelah mengikuti kegiatan ini. 

Sementara itu, Sekretaris Desa Asinan Wahyu Kusuma Dewi mengapresiasi positif kegiatan ini. Menurutnya, pembangunan desa tidak melulu soal infrastruktur seperti gedung, tetapi juga membangun ahlak santri dan generasi muda. 

"Santri itu tidak hanya bisa mengaji saja, tetapi juga bisa bermanfaat di kehidupan sehari-hari, khususnya di Desa Asinan," ucap Wahdu dalam sambutannya.

Pihaknya berharap, kegiatan positif berupa lomba dalam kebaikan seperti ini tak berhenti ketika ada mahasiswa KKN saja. Namun, masyarakat Desa Asinan juga bisa berinisiatif sendiri untuk memeriahkan perayaan hari besar lainnya.

"Kami dari pemerintah desa akan mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang bernilai positif yang diadakan di Desa Asinan ini," tandas Wahyu. (AM)

Reactions

Post a Comment

0 Comments