Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Venue Menarik Ini Bakal Digunakan di Ajang STQH Nasional XXVII/2023

Taman Rimba Jambi, salah satu tempat yang digunakan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadits (STQH) Nasional XXVII/2023 di Provinsi Jambi. 

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Jawa Tengah (Jateng) sudah selesai melakukan peninjauan lokasi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadits (STQH) Nasional XXVII/2023 di Provinsi Jambi. Peninjauan yang dilakukan pada 29 Mei hingga 1 Juni 2023 tersebut menghasilkan lima informasi menarik terkait venue (majlis) yang akan digunakan para peserta seleksi di ajang ini. Adapun STQH Nasional XXVII/2023 bakal digelar pada 27 Oktober hingga 5 November 2023. 

Di antara lima venue itu yang pertama adalah Taman Rimba Jambi. Dilansir dari Wisato.id, Taman Rimba ini merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kota Jambi. Taman ini terletak di tengah kota, lebih tepatnya berada di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan. Rencananya mulai dari grand opening (pembukaan), pelaksanaan lomba cabang Tilawah Golongan Dewasa dan Golongan Anak-anak, hingga penutupan akan diselenggarakan di Taman Rimba ini.

Venue kedua yaitu Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi. Gedung ini terletak di Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi. Sebuah badan pemerintahan yang berfungsi di antaranya mengembangkan potensi sumber daya manusia, cukup akan menyita perhatian masyarakat. Karena untuk cabang lomba sendiri yang akan diselenggarakan di sini yaitu khusus cabang hafalan Al-Quran Gol. 1 Juz dan Gol. 5 Juz Tilawah.

Venue selanjutnya yaitu Gedung Ruang Pola di lingkungan Kantor Gubernur Jambi. Gedung tersebut terletak di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Di Ruang Pola ini hanya dikhususkan untuk cabang lomba hafalan Al-Quran Gol. 10 Juz dan Gol. 20 Juz.

Venue keempat adalah Gedung LPMP Provinsi Jambi. Gedung ini masih berdekatan dengan Kantor Gubernur Jambi di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Gedung LPMP tersebut akan dikhususkan untuk cabang lomba hafalan Al-Quran Gol. 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab.

Venue terakhir yaitu Aula Mahligai Bank Jambi. Gedung Mahligai Bank Jambi ini memiliki 12 lantai yang tingginya mencapai 53,5 meter. Tidak hanya itu, bangunannya sendiri terlihat mewah dan megah. Bangunan yang terletak di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi ini dikhususkan untuk lomba cabang Musabaqah Hadits Nabi. 

Kelima venue yang bakal digunakan sebagai lomb tersebut rata-rata masih berlokasi di seputar Kota Jambi dengan jarak tempuh antar sekitar 15 hingga 30 menit apabila menggunakan mobil. Dan terkhusus untuk lokasi Taman Rimba Jambi berada di dekat pintu keluar Bandara Internasional Sultan Thaha Kota Jambi.

(Hilman Najib)

Reactions

Post a Comment

0 Comments