Ticker

6/recent/ticker-posts

Bersama Sedulur Plasma, 105 Anggota Lintas Komunitas Ikuti Donor Darah

Aksi donor darah lintas komunitas yang digelar Sedulur Plasma Semarang

Semarang, DARUS.ID - Sebanyak 105 Anggota lintas komunitas di Semarang padati sekretariat Sedulur Plasma pada hari Sabtu (11/02/2023).  Anggota komunitas ini secara sukarela melakukan aksi donor darah yang digelar oleh Sedulur Plasma bersama UDD PMI Kota Semarang

Koordinator Komunitas Sedulur Plasma, Purwoko mengatakan bahwa kegiatan bertajuk “Kolaboratif Komunitas” ini diselenggarakan dalam rangka memperkuat kolaborasi antar komunitas yang ada di Semarang. Khususnya area Barat dengan diwujudkan dalam aksi sosial berupa donor darah.

Aksi sosial donor darah ini diikuti oleh beberapa komunitas. Di antatanya UMKM Rangkul, TDA, WKRI, GTM, Bankom Polrestasbes Semarang, IEA, RRS, UPZ, RIM dan Komunitas OJOL. 

"Antusias peserta sanggat tinggi dilihat dari data pendaftar yang masuk melalui system Bot Tetuko sebelum hari H mencapai lebih dari 100 orang calon pendonor," ucap Purwoko disela-sela kegiatan tersebut.

Lintang, Kordinator Bidang Sosial UMKM Rangkul mengapresiasi Sedulur Plasma yang telah mengadakan kegiatan donor darah dengan melibatkan berbagai komunitas di Semarang. Sehingga antar sesama komunitas lebih solid dan bisa saling bersinergi. 

Kegiatan kemanuasiaan seperti ini diharapkannya bisa rutin dilaksanakan dengan melibatkan lebih banyak komunitas yang ada di Kota Semarang. 

"Selanjutnya,kolaborasi donor darah Sedulur Plasma dan UMKM rencana akan di selengkarakan pada 15 April 2023 mendatang dengan Konsep Bukber lanjut Donor Darah"  tambah Lintang. 

Perwakilan Bankom Polrestabes Korwil Barat Heru Suganda mengatakan, Sedulur Plasma dalam pelaksanaan kegiatan donor darah ini menggunakan sistem slot yang diatur oleh Bot Tetuko miliknya. 

Sehingga, lanjutnya, kegiatan yang melibatkan lebih dari 100 orang ini dinilai sangat tertib tidak ada penumpukan masa yang sangat panjang serta berjalan lancar.

“Bot Tetuko milik Sedulur Plasma ini sangat berperan penting selain sebagai pengelola pendaftaran Bot Tetuko ini juga akan memberikan pengingat untuk tips-tips lolos donor yang di kirim H-3 sampai hari H sehingga pendonor merasa terbantu” ucapnya.

Selain sebagai pengelola donor darah Bot Tetuko juga memiliki beberapa menu. Di antaranya mencari bantuan pendonor darah,  set pengingat jadwal donor darah, syarat donor darah biasa (Wb), syarat donor darah apheresis, syarat donor plasma konvalesen. 

Juga mencari lokasi mobile unit donor darah area Kota Semarang, mencari mobil jenazah gratis, mencari ambulance pasien gratis, mendaftar relawan Sedulur Plasma dan deteksi dini Preklamsia. 

Adapun caranya cukup mudah, yaaitu dengan mengirim pesan info di ke nomor 0896 7502 2012. Selain itu, untuk mendapatkan info lebih lengkap tentang Sedulur Plasma dapat mengunjungi website www.sedulurplasma.org.

Reactions

Post a Comment

0 Comments