Ticker

6/recent/ticker-posts

Griya Peradaban Bekali Peserta Kuliah Alternatif IV Keterampilan Komunikasi dan Relasi Sosial

Semarang, DARUS.ID - Griya Peradaban membekali peserta Kuliah Alternatif IV dengan keterampilan komunikasi dan relasi sosial. Tema "Communication And Social Network" ini disampaikan pada Sabtu (16/7/2022) melalui platform Zoom Meeting. 

Webinar kali ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Mentor Griya Peradaban Atin Anggraini Surono serta Pendiri Rumah Pergerakan Imam Fadhilah. 

Menurut Atin dalam materinya, komunikasi menjadi suatu keterampilan yang penting dimiliki agar seseorang dapat menyampaikan informasi dengan tepat. 

"Sebuah seni yang sebenarnya seringkali kita butuhkan dan amat sangat dekat dengan kehidupan kita, tapi dianggap sepele padahal ini bukan ilmu yang sepele," ucapnya.

Ia juga menjelaskan tentang cara membangun keterampilan berbicara. Kemudian dilanjutkan dengan manfaat dari melatih keterampilan berbicara terhadap informasi yang disampaikan.

Sementara itu Imam mengatakan bahwa untuk menjadi seorang yang sukses dalam menjalin struktur sosial hendaklah dapat memahami relasi dalam simpul relasi.

"Untuk menjadi orang besar, kita harus merasa kecil. Hindari merasa besar sendiri, agar tidak mengecilkan yang lain," ungkapnya. 

Ia juga menegaskan bahwa komunikasi adalah soal inner beauty, kecantikan serta keanggunan yang muncul dari perkataan dan perbuatan.

"Berbuat baiklah kepada siapapun, tanpa terkecuali. Termasuk kepana orang yang tidak berbuat baik kepada kita," kata Pendiri Rumah Pergerakan tersebut. 

Selain itu, Imam juga menyampaikan perihal menyikapi seorang yang besar diri. Kemudian pentingnya membangun sosial network kepada siapapun dengan mengondisikan diri agar tidak besar diri dan selalu merasa kecil.

Nabilatun Nisa & Feby Alfiana, Aktivis Griya Peradaban

Reactions

Post a Comment

0 Comments