Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketua Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia Bagikan Resep Terbitkan Buku Referensi

Semarang, DARUS.ID - Ketua Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Indonesia, Fauzan membagikan resep dalam menerbitkan buku referensi. 

Dalam sesi ketiga program Akademi Riset dan Penulisan Level 2 Griya Riset Indonesia, Sabtu (05/03/22), Fauzan mengatakan bahwa setiap orang perlu membentuk mindset publishing terlebih dahulu. 

"Setiap orang perlu membentuk mindset publishing terlebih dahulu agar karya-karya itu bermanfaat untuk orang banyak," tegasnya dalam kegiatan yang digelar secara virtual melalui Zoom Meeting. 

Fauzan yang juga seorang dosen program studi PGMI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut berpesan kepada para dosen agar mempunyai dua niatan. Yaitu mempunyai niat naik pangkat dan publikasi karya tulis.

"Apabila berbicara soal kenaikan pangkat, aturannya berlaku umum. Seperti karya tulis pada umumnya. Akan tetapi apabila kita berbicara soal publishing, harus mengikuti aturan-aturan penerbit. Dan tentunya tidak serumit yang dibayangkan," katanya. 

Selanjutnya, resep menerbitkan buku referensi, seorang penulis harus menawarkan gagasan yang dapat menjawab fenomena di masyarakat. 

"Serta metodologi dan kesimpulan. Itupun cukup dikemas dengan gaya tulis naratif saja, tidak yang informatif ataupun deskriptif," imbuh Fauzan. 

(Hilman Najib)

Reactions

Post a Comment

0 Comments