Ticker

6/recent/ticker-posts

Ramaikan HUT BUSER, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Tanam Pohon di Gunung Merbabu

Semarang, DARUS.ID - Mahasiswa kelompok 47 KKN Reguler ke-77 UIN Walisongo melakukan penanaman pohon di sekitar jalur pendakian Pos 1 dan 2 Gunung Merbabu. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 30 dan 31 Oktober 2021.

Koordinator kelompok 47, Bagas mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi mahasiswa KKN dalam meramaikan Hari Ulang Tahun (HUT) SAR Bumi Serasi (BUSER) Kabupaten Semarang ke-13.

“Terima kasih kepada Divisi Lingkungan yang sudah menginisiasi kegiatan proker penanaman dan seluruh teman-teman KKN kelompok 47 yang mau meluangkan waktunya untuk hadir dan mengikuti kegiatan tersebut," katanya. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa komunitas relawan se-Kabupaten Semarang. Terhitung ada 43 organisasi atau komunitas relawan dan juga pengelola Basecamp pendakian Gunung sekitar Kabupaten Semarang (meliputi Gunung Merbabu, Ungaran, Andong, Telomoyo) yang hadir dalam program tersebut. 

Bagas mengatakan, ada sekitar 400 bibit pohon yang berhasil ditanam oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo bersama lintas relawan. 

"Jenis pohonnya termasuk tanaman keras, di antaranya ada pohon Beringin. Bibit-bibit yang ditanam tersebut salah satunya berasal dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang," ujarnya. 

Bagas melanjutkan, tidak hanya menanam pohon, mahasiswa KKN UIN Walisongo juga melakukan perawatan sumber mata air di Lembah Pending.

Sementata itu, relawan Nyawa Wali (Nyatnyono Relawan Warga Peduli) yang juga anggota SAR BUSER, Bapak Agus menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya longsor di beberapa titik mata air dan melindungi area ekosistem habitat satwa (monyet). 

"Sebab sudah menjadi tanggung jawab bersama, terkhusus relawan dan mahasiswa KKN sebagai pemantik kesadaran untuk mencanagkan gerakan positif. Dalam konteks ini, penghijauan atau penanaman pohon, yang manfaatnya akan sangat banyak," tegasnya. 

Reporter: Abi Priambudi

Reactions

Post a Comment

0 Comments