Ticker

6/recent/ticker-posts

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Tanam Toga

Semarang, DARUS.ID - Fitri Maesaroh, mahasiswa Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke-12 UIN Walisongo Semarang membersihkan taman desa dan menanaminya dengan tumbuhan-tumbuhan tanaman obat keluarga (Toga), Senin (16/08/21). Taman yang terletak di Desa Sendangmekar, Dukupuntang, Cirebon ini dibersihkannya sebagai wujud kepedulian lingkungan sekitar. 

Fitri mengatakan, sejak pandemi covid-19 taman tersebut kurang terurus. Menurutnya, lahanya yang cukup luas dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menanam obat keluarga (Toga).

“Tamannya lumayan luas dan masih banyak lahan kosong. Namun sayangnya banyak rumput liat menutupi tanaman, saya dibantu beberapa teman membersihkan rumput kemudian menanaminya dengan tanaman Toga,” ujarnya. 

Tanaman Toga yang ditanam tidak hanya satu jenis saja. Ada beberapa macam yang dibawa Fitri dan kawan-kawan untuk kemudian ditanam di lokasi taman desa tersebut. 

"Di antaranya daun binahong, daun bidara, daun sirih, jambu biji, daun mint, cabe, tomat, kencur, jahe, kunyit, lidah buaya, lavender, pohon sirsak, daun betadine,kumis kucing, cocor bebek, dan tapak dara,” katanya. 

Taman desa yang sudah dibersihkan dan ditanami tumbuhan Toga tesebut diharapkan dapat dimanfaatkan warga sekitar Sendangmekar di kemudian hari sebagai kebutuhan obat-obatan alternatif.

Penulis: Fitri Maesaroh

Reactions

Post a Comment

0 Comments