Ticker

6/recent/ticker-posts

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Rawat Tanaman Toga

Semarang, DARUS.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri ke-12 UIN Walisongo Semarang menanam kembali dan merawat tanaman obat keluarga (Toga) di Desa Jawisari, Limbangan, Kendal, Rabu (25/08/21). Hal ini sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dalam konteks kepedulian lingkungan. 

Hafiedz, mahasiswa kelompok 4 KKN Mandiri UIN Walisongo mengatakan, ia memilih tanaman toga dengan tujuan agar masyarakat Desa Jawisari dapat memanfaatkan lahan pekarangannya serta memanfaatkan hasilnya sendiri. 

"Masyarakat bisa memakainya untuk digunakan sendiri, maupun dijual demi menambah penghasilan. Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, diharapkan mampu memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung terhadap masyarakat," ujarnya. 

Ketua Karang Taruna, Wanda, merespon positif kegiatan mahasiswa KKN tersebut. Dengan program ini, kondisi tanaman toga yang sebelumnya kurang terawat dapat diperbaiki.

“Sudah terdapat taman toga yang dibangun oleh pemerintah setempat, namun kondisinya tidak terawat dan kurang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Oleh sebab itu, dilakukan penanaman kembali dan merawat taman toga yang ada di desa,” kata Wanda. 

Penulis: Hafiedz Maula 

Reactions

Post a Comment

0 Comments