Ticker

6/recent/ticker-posts

Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram

MUHARRAM menjadi salah satu bulan haram (suci) dalam kalender hijriyah. Memasuki bulan Muharram ini, umat Islam dianjurkan melakukan beberapa ibadah, salah satunya yakni melaksanakan puasa sunnah. 

Puasa sunnah di bulan Muharram dapat dilakukan sehari, dua hari, atau sepanjang bulan apablika memang tidak memberatkan. Puasa di bulan ini begitu spesial. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadis: 

اَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Artinya: "Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah pada bulan Allah yaitu, Muharram." (HR. Muslim).

Dalam kitab, al-Minhaj Syarhu Shahih, Imam An Nawawi menerangkan bahwa hari-hari di bulan Muharram yang lebih utama untuk berpuasa ialah hari Asyura (10 Muharram). Hari Asyura 1443 Hijriyah akan jatuh pada hari Rabu, 19 Agustus 2021. 

Baca Juga: Sejarah Kalender Hijriyah dalam Islam

Umat Islam dianjurkan menunaikan ibadah puasa Asyura karena memiliki banyak keutamaan. Bahkan puasa di hari ke-10 bulan Muharram ini sudah ada sebelum datangnya syariat wajib puasa Ramadan. 

Berdasarkan kisah Aisyah, Nabi Muhammad berpuasa di hari Asyura sebelum beliau hijrah ke Madinah. Ketika hijrah, Nabi mengetahui bahwa umat Nabi Musa AS juga berpuasa di hari Asyura sebagi wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran Firaun. 

Dari pertemuan itu, dalam keterangan Ibnu Abbas, Nabi Muhammad pun memerintahkan umatnya berpuasa di hari Asyura. Kemudian di tahun kedua setelah hijrah, Nabi Muhammad menerima syariat puasa Ramadan. Maka hukum puasa Asyura menjadi sunnah. 

Hal ini menandakan bahwa puasa Asyura memiliki kedudukan yang penting. Puasa Asyura menjadi ibadah sunnah yang memiliki keutamaan dapat menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu. Sebagaimana ditegaskan dalam hadis riwayat Imam Muslim, Abu Qotadah Al Anshori mengatakan:

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim).

(AM)

Reactions

Post a Comment

0 Comments