Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikut Berpartisipasi dalam Kerja Bakti Pesantren

Kendal, DARUS.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler ke-76 UIN Walisongo Semarag ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti di pondok pesantren Al-Itqon, Minggu (18/04/21). 

Bahriyan Asy-Syafii, mahasiswa KKN UIN Walisongo mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin mingguan yang dilakukan seluruh santri pesantren tersebut. Adapun waktunya yakni dimulai pada jam 7.00 WIB atau tepatnya setelah pengajian bandongan pagi. 

Selain untuk meningkatkan kebersihan pesantren, kerja bakti ini juga sebagai sarana memperkuat rasa persaudaraan melalui kerjasama antar individu.

"Pembagian tugasnya telah diberikan pada malam hari sebelumnya. Pembagian kelompok disesuaikan dengan kamar masing-masing santri.  Sebagian ada yang membersihkan halaman, menguras kamar mandi, memungut sampah, membersihkan selokan dan lain- lain," ujarnya. 

Dalam kegiatan kerja bakti itu, Bahriyan juga memberikan selingan materi tentang betapa perlunya menjaga kebersihan lingkungan pesantren yang sering dipandang “jorok” oleh orang umum. 

Sementara Yaqub Hidayat, penguru bidang kebersihan Pondok Pesantren Al- Itqan berterima kasih atas partisipasi dan bantuan dari mahasiswa KKN UIN Walisongo tersebut.

“Saya bersyukur dan berterimakasih atas partisipasi Mahasiswa UIN dalam meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan pesantren. Tentunya ini menjadikan semangat bagi para santri khususnya dalam melaksanakan tanggungjawabnya” ujarnya. 

Ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan jalinan silaturrahmi antara santri dan mahasiswa UIN Walisongo Semarang dan dapat menambah rasa sadar akan pentignya kebersihan bagi para santri Pondok Pesantren Al Itqon. 

[Bahriyan/ Mahasiswa KKN UIN Walisongo]

Reactions

Post a Comment

0 Comments