Ticker

6/recent/ticker-posts

Haji Pintar; Media Pembelajaran Ibadah Haji di Masa Pandemi


HAJI PINTAR merupakan salah satu aplikasi haji umroh yang berfokus pada estimasi keberangkatan haji, pembinaan haji, berita dan pengumuman tentang haji, informasi-informasi tentang jamaah haji, bantuan layanan luar negeri maupun dalam negeri. Selama ini Haji Pintar belum begitu banyak diketahui oleh masyarakat, Haji Pintar hanya dipandang sebagai media estimasi keberangkatan saja. Dan kurangnya pengetauan terhadap fitur fitur lainnya yang tersedia didalamnya.

Kurangnya pengetahuan calon jamaah haji tentang syarat-syarat wajib, sunnah dan tata cara melakukan kegiatan haji dan umroh. Ilmu haji dan umroh bagi jamaah haji hanya diberitahukan ketika praktik manasik haji akbar yang hanya dilakukan satu kali. Hal ini membuat jamaah haji kurang mengetahui syarat-syarat wajib, sunnah dan tata cara pelaksanaan haji dan umroh. 

Para jamaah haji dan umroh hanya bisa melihat dan membaca tuntunan dan bacaan-bacaan doa melalui buku yang dikeluarkan oleh pihak Kementerian Agama. Pengetahuan praktik haji dan umroh masih belum memberikan penjelasan yang pasti kepada jamaah haji dan umroh pada saat melaksanakan kegiatan haji dan umroh yang sebenarnya pada proses pengerjaan haji dan umroh dimakkah dan madinah. Pengetahuan praktek manasik haji yang baik dan benar dapat meningkatkan jamaah haji dan umroh dalam beribadah haji. 

Pada masa pandemi covid-19 ini tidak hanya berdampak pada sektor ekonomi saja, karena adanya pengurangan aktivitas dengan menerapkan pola hidup new normal. Selain itu juga harus menerapkan pola 3 m pada setiap aktivitas. Pandemi covid-19 ini juga mempengarungi proses keberangkatan dan juga manasik haji dan umrah untuk membatasi jarak dan mengurangi perkumpulan sehingga aplikasi Haji Pintar dapat menjadi alternatif terbaik untuk menjadi media pembelajaran dan informasi terkait manasik haji dan keberangkatan haji.

Baca Juga: Qur’an Best, Aplikasi Al- Quran Digital Rekomendasi untuk Umat Islam 

Pada aplikasi Haji Pintar fitur fitur pembelajaran ini telah disediakan untuk para calon jemaah haji dan umrah. Berikut ini sub menu fitur fitur yang tersedia pada aplikasi Haji Pintar yang dapat membantu para calon jemaah haji untuk mempelajari aplikasi ini.

Dalam tampilan utama ada tiga menu utama dari aplikasi Haji Pintar yaitu pelayanan, berita dan menu cepat. Menu yang berisikan segala informasi tentang haji umroh baik pelaksanaan maupun tata cara ibadahhaji dan umroh sesuai dengan syariat islam dan pedoman agama, dan dapat melihat estimasi keberangkatan haji yang sudah atau telah mendaftar haji.

Tampilan sub menu pelayanan


Ada enam sub menu di menu pelayanan, diantaranya yaitu:

- Pembinaan haji
Pada menu pembinaan haji yang terdiri dari tiga di antaranya informasi manasik haji, doa-doa manasik haji dan umroh mulai dari doa keluar rumah sampai doa ketika pulang haji, dan jadwal lontar jumroh. 

- Layanan dalam negeri


Layanan Dalam Negeri terdapat sembilan sub menu. Menu ini merupakan menu yang berisikan inforrmasi tentang cara pendaftaran pembatalan, pelunasan, pelimpahan porsi, dokumn haji, rencana perjalanan haji, transportai udara, suransi, dan asrama haji. Yang disajikan dengan bentuk gambar-gambar pamflet.

- Layanan luar negeri


Di dalam menu layanan luar negeri terdapat enam sub bagian, di antaranya akomodasi, konsumsi, transportasi, peta akomodasi, peta transportasi, dan peta Arafah dan Mina. Isi dalam sub-sub menu tersebut membahas yang diperlukan dalam perjalanan haji dan umroh, dan penjelasan tata letak dan lainnya.

- Umrah dan Haji Khusus


Menu Umrah dan Haji Khusus terdapat sembilan sub menu diantaranya penyelenggaraan umrah (PPIU), penyelenggaraan Haji Khsusus (PIHK), pendaftaran Umroh, Pendaftaran Haji Khusus, Informasi Jemaah Umroh, Informasi Jemaah Haji Khusus, Pelimpahan Porsi Haji Khusus, SPM Umroh, SPM Haji Khusus. Sub-sub menu tersebut menginformasikan penyelenggaraan dan detail tangga-tanggal keberangkatan haji khusus dan lainnya.

- Informasi Jemaah Haji

Di menu Informasi Jamaah Haji terdapat lima sub menu diantaranya estimasi keberangkatan, Jadwal keberankatan Kloter, Informasi Jemaah Haji, Informasi Pembatalan, Informasi Pelunasan, disini sub-sub menu menjelaskan informasi keberangkatan, jadwal keberangkatan, pembatalan, dan pelunasan.

- Keuangan Haji

Di dalam menu Keuangan Haji terdapat 4 (empat) sub menu diantaranya informasi BPIH, Prosedur penetapan BPIH, Informasi Bpih, Informasi Daftar BPS, Informasi Daftar BPS Bipih. Disini menjelaskan informasi-informasi daftar bank yang terdaftar, besaran biaya pendaftaran dan prosedur lainnya.

- Video Tutorial

Di menu Video Tutorial diantaranya ada Tutorial akomodasi, Tutorial akomodasi, Tutorial Transportasi, Tutorial penggunaan Aplikasi Haji Pintar, Tutorial Manasik Haji dan Umroh, dan Tutorial Pelatihan Petugas. Disub-sub meneu tersebut menjelaskan tutorial atau cara-cara yang sangat membantu bagi jamaah maupun petugas.

Berita dan Pengumuman


Menu Berita pengumuman menjelaskan semua informasi mengenai haji dan umroh, diantaranya, seperti info terkini atau update tentang haji dan umroh, kesehatan haji, pembatalan, pemunduran jadwal haji, pemajuan jadwal haji. Semua berita mengenai haji dan umroh ter-update ada di Berita dan Pengumuman. Sehingga para jamaah haji dan petugas haji sangat di bantu.

Menu Cepat



Di menu Cepat terdapat tiga sub menu diantaranya Estimasi keberangkatan, jadwal keberangkatan, dan Informasi Keberangkatan Haji. Menu Cepat biasa dipakai bagi yang ingin melihat informasi haji lebih cepat, diantaranya Estimasi Keberangkatan dengan cara mengisi nomor porsi, Jadwal Keberangkatan dengan cara mengisi tempat keberangkatan embarkasi, dan Informasi Haji dengan cara mengisi nomor paspor. 

Melalui fitur fitur pembelajaran yang sudah tersedia lengkap pada aplikasi ini calon jemaah haji dapat mempelajari lebih rinci tentang mekanisme manasik haji dan umrah serta mendapatkan informasi terkini mengenai ibadah haji dan umrah. Meskipun di masa pandemi calon jemaah haji tetap mendapatkan ilmu tentang ibadah haji dan umrah secara rinci dan jelas.
 
Aplikasi ini juga dapat membantu jamaah Haji dan Umroh mendapat informasi sesuai yang dibutuhkan termasuk bagi masyarakat luas untuk mengetahu informasi dan juga menambah pengetahuan tentang ibadah Haji dan Umroh sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Penulis: Akhmad Jeri, Mahasiswa Jurusan Manajeman Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang 
Reactions

Post a Comment

0 Comments