Ticker

6/recent/ticker-posts

Qur’an Best, Aplikasi Al- Quran Digital Rekomendasi untuk Umat Islam

Qur’an Best, Aplikasi Al- Quran Digital Rekomendasi untuk Umat Islam

PERKEMBANGAN teknologi dan informasi semakin mempermudah manusia dalam menjalankan segala aktivitas kehidupan. Misalnya dalam bidang agama. Saat ini ketika ingin membaca Al- Qur’an bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun tanpa harus membawa mushaf Al- Qur’an yang bentuk cetak. Pasalnya di era digital ini, kita dapat membaca Al- Qur’an melalui smartphone

Salah satu elemen penting untuk mendukung hal tersebut yakni software (perangkat lunak). Software adalah sebuah perangkat yang tidak berbentuk secara fisik namun dapat dioperasikan oleh user atau penggunanya. Menurut Melwin, software merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah kepada sebuah sistem komputer. Software menjadi jembatan yang menghubungkan pengguna dengan komputer yang menggunakan bahasa mesin. 

Saat ini pun banyak software tentang Al- Qur’an yang berkembang. Hal ini berupa aplikasi digital yang memungkinkan kita dapat membaca Al- Qur’an melalui smartphone. Namun sebelumnya kita harus memiliki software aplikasinya terlebih dahulu. Di Google Playstore, tersedia 100 lebih jumlah aplikasi  Al- Qur’an digital yang dapat diunduh dan digunakan. 

Quran Best diluncurkan PT Barokah Inovasi Teknologi Bandung pada 8 Mei 2019. Aplikasi ini digagas Idham Fitriadi dan melibatkan 20 orang lulusan Teknik Informasi Institut Teknologi Bandung. Quran Best dilengkapi terjemahan Bahasa Indonesia per kata (sesuai terjemahan resmi Departemen Agama RI. Pada tahun 2019, aplikasi ini juga mendapatkan sertifikat tashih resmi dari Kementerian Agama RI. Quran Best sangat mudah dan nyaman dibaca dengan desain sesuai versi mushaf cetak Utsmani yang beredar di pasaran. 


Adapun jenis Al- Qur’an yang disajikan terdiri dari tujuh macam. Seperti Indonesia, Indonesia Tajwid, Al- Qur’an per Kata, per Kata Tajwid, per Ayat, Al- Qur’an Madinah, dan Madinah Tajwid. Pada jeni Al- Qur’an per Ayat, ada fitur tambahan selain teks yaitu suara pembaca sebanyak tujuh orang bisa dipilih. Mereka adalah imam masjid di Timur Tengah seperti Abdul Baasit, Abdullah Matroud, Abdurrahman As- sudais, Mishari Rashaid.
  
Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pendukung ibadah. Antara lain yaitu jadwal salat 5 waktu, notifikasi azan dari muazin pilihan, penunjuk kiblat, dan kalender Hijriyah. Fitur menarik lainnya adalah adanya bookmark ayat-ayat Al- Qur’an dengan tema-tema populer yang secara umum banyak dibutuhkan seperti ayat-ayat yang berhubungan dengan rezeki, larangan riba dan lain-lain. Quran Best dapat diunduh secara gratis di toko-toko online masing-masing operasi sistem hanphone seperti Android, iOS, Apple, dan lain-lain. 

Reactions

Post a Comment

0 Comments