Ticker

6/recent/ticker-posts

Ingat 6 Hal Ini Ketika Bingung Ambil Keputusan


Kita pasti pernah mengalami kebimbangan ketika dihadapkan dengan dua pilihan sulit. Terkadang dua pilihan tersebut menjadi momok dan hantu yang terus membayangi kita. Untuk memilih salah satunya, kita merasa dilema, kira-kira mana pilihan yang tepat untuk diambil. 


Dalam beberapa kasus, kebanyakan orang menentukan pilihan berdasarkan yang paling mudah dan menguntungkan. Namun hal itu tidak menjamin kesuksesan di masa depan. Bisa jadi apa yang kita pilih tidak sesuai harapan dan justru akan berdampak buruk bagi kita. 

Di sinilah pentingnya sikap kita dalam mengambil suatu keputusan. Jika kita salah satu langkah saja, akan berakibat fatal. Kita akan menyesal seumur hidup jika salah mengambil keputusan. 

Jadi janganlah gegabah dan tergesa-gesa dalam mengambil tindakan. Tenangkan pikiranmu dan prediksilah segala kemungkinan. Pertimbangkan secara matang setiap keputusan yang akan kamu ambil. Jangan sampai salah memilih dan kamu akan menyesal di masa depan. 

Lalu bagaimana langkah yang harus kita lakukan ketika bingung dalam mengambil keputusan? Ingatlah 6 hal berikut ini.

1. Tentukan Skala Prioritas

Menentukan dua pilihan tentu bukanlah perkara mudah. Apalagi jika keduanya terasa sangat penting bagimu. Namun kamu bisa menggunakan skala priorotas. 

Cobalah menuliskan semua pilihan dalam sebuah kertas, dimulai dari yang paling sulit sampai yang paling mudah. Tulis pula risiko dari setiap keputusan yang akan kamu ambil. Bagaimana dampaknya jika memilih A dan bagaimana jika memilih B. 

2. Pakai Sistem Jika-Maka

Setelah itu cobalah pakai sistem jika-maka. Prediksi segala kemungkinan yang akan terjadi dalam setiap keputusan yang kamu pilih. 

Jangan berhenti di satu momen saja. Tetapi berpikirlah lebih jauh tentang keadaan yang akan terjadi dalam jangka panjang. Memilih yang mudah terlebih dahulu hanya akan membuat kita menerima kerugiannya di akhir nanti. 

3. Buat Deadline untuk Eksekusi

Setelah kita melakukan pertimbangan secara matang dan memperhatikan segala konsekuensinya, buatlah tenggat waktu untuk memutuskannya. Tentukan waktu yang tepat untuk melakukannya. Jangan terlalu lama, takutnya kamu nanti malah tidak memilih sama sekali. 

Jadilah pribadi yang berintegritas. Jika mengatakan bakal memutuskan dalam tiga hari, maka harus sudah punya keputusannya dalam tiga hari.

4. Ikhlas Mengorbankan 1 Pilihan

Mungkin akan terasa berat jika kita akan mengorbankan satu pilihan. Apalagi jika semuanya terlihat penting dan mendesak. Tetapi mau tidak mau kamu tetap harus memilih salah satu dan merelakan yang lainnya. 

Memang semuanya pasti ada konsekuensinya. Cobalah berusaha untuk merelakan dengan lapang dada. Di balik pengorbananmu ini, kamu pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik di masa depan. 

5. Gunakan Intuisi

Dalam suatu situasi, terkadang kamu perlu mengikuti intuisimu. Tidak selamanya intuisi salah. Bertanyalah pada hati kecil, mana yang lebih membuat nyaman dan bahagia. Ikutilah apa kata hatimu. Dengan begitu kamu tidak akan menyesal dan merasa puas dengan apa yang kamu pilih. 

6. Tegas pada Diri Sendiri

Keraguan adalah musuh terbesar dalam mengambil keputusan. Mempertimbangkan segala aspek tentu menjadi hal penting. Namun jangan sampai hal itu justru membuatmu ragu-ragu untuk melangkah.

Jika terus diselimuti keraguan, kita akhirnya malah tidak jadi memilih. Jadi kamu harus tegas dan berani menentukan pilihan. Percayalah pada dirimu sendiri. 

Gunakanlah 6 cara di atas ketika kamu terjebak dalam pilihan yang sulit. Hal terpenting adalah kamu yakin bahwa pilhanmu tidak akan merugikan dan membawamu pada penyesalan. 

Meskipun berat, setidaknya kamu harus tahu mana yang akan kamu lakukan. Jangan sampai kamu larut dalam kebimbangan itu dan akhirnya tidak jadi mengambil keputusan yang seharusnya kamu ambil.

(A.M)

Reactions

Post a Comment

0 Comments