Ticker

6/recent/ticker-posts

Review Aplikasi Kumpulan Hadits (Lengkap 9 Imam Full Offline)


HADIS memiliki kedudukan penting karena menjadi sumber hukum kedua umat Islam setelah al- Qur’an. Keberadannya sangatlah dibutuhkan sebagai pedoman dan petunjuk umat Islam dalam menjalani kehidupan sebagai manusia yang beragama. Dengan itu hadis juga menjadi salah satu disiplin ilmu yang dikaji dan dipelajari. 

Di era perkembangan teknologi dan informasi saat ini, hadis senantiasa mengalami dinamika sesuai dengan kondisi zaman. Munculnya internet dan teknologi digital seperti smartphone turut memberikan pengaruh terhadap digitalisasi hadis. Hingga hal tersebut berdampak positif, hadis dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat dengan menggunakan teknologi.  

Tentunya ada banyak sekali software aplikasi hadis digital yang telah tersedia di Google Playstore. Ketika kita mengetik di mesin pencari, akan terdapat berbagai macam aplikasi hadis. Setiap aplikasi memiliki fitur yang bermacam-macam dan berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Fitur tersebut dapat diketahui berdasarkan pada deskripsi yang tertera. Untuk dapat menggunakan aplikasi, kita harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Playstore. Kita hanya tinggal mengetiknya di mesin pencari, lalu memilihnya sesuai dengan kebutuhan. 

Di sini saya akan meriview salah satu aplikasi hadis berbasis android, yaitu Kumpulan Hadits. Aplikasi ini merupakan aplikasi hadis yang sederhana dan cukup mudah untuk digunakan serta berbahasa Indonesia, sehingga dapat digunakan oleh orang-orang umum atau pemula yang notabenenya belum mendalami kajian hadis dan belum memahami kaidah bahasa Arab.

Kumpulan Hadits merupakan salah satu aplikasi hadis rekomendsi. Software hadis digital ini produk Indonesia yang termasuk baru. Pertama kali dirilis oleh Firdaus Kurniawan Zulqornain pada 29 November 2019 di Desa Cibelok, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kumpulan Hadits baru saja diupdate pada 7 Mei 2020.  Aplikasi ini berisi kumpulan hadis dari 9 imam besar seperti Buchori, Muslim, Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad, Nasa’i, Ibnu Majjah, Malik, dan Darimi. Hingga kini aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 5 ribu pengguna di Google Playstore dengan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 64 MB. 

Fitur aplikasi
- Daftar kitab tiap imam hadis 
- Daftar bab pada tiap kitab
- Daftar hadis pada tiap bab 
- Baca hadis secara berurutan 
- Menyimpan hadis ke dalam menu favorit 
- Menyimpan hadis sesuai bacaan terkahir 
- Penguat hadis tiap imam 
- Relasi antara hadis dengan al- Qur’an 
- Pengertian macam-macam hadis 
- Kumpulan hadis maqthu, marfu, mauquf, muallaq, hadis qudsi, mutawatir, dan munqathi 


Reactions

Post a Comment

0 Comments