Ticker

6/recent/ticker-posts

Griya Riset Indonesia Bekali Mahasiswa HI Unwahas Keterampilan Menulis

Direktur Griya Riset Indonesia, Amrizarois Ismail menjadi narasumber Pelatihan Jurnalistik

Semarang, DARUS.ID - Griya Riset Indonesia (GRI) memberikan bekal teknik dan keterampilan kepenulisan kepada mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang dalam Pelatihan Jurnalistik pada Sabtu (2/6/2023)

Kegiatan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Unwahas) di Kampus 1 Unwahas Semarang tersebut menghadirkan Direktur Griya Riset Indonesia, Amrizarois Ismail sebagai pembicara utama. 

Amrizarois mengatakan bahwa seminar pelatihan jurnalistik kali ini berfokus pada pembuatan jurnal atau artikel karya ilmiah. Dengan ini diharapkan mahasiswa dapat menumbuhkan kesadaran tentang urgensi menulis dan sekaligus teknik dalam menulis artikel.

"Bahwa kita bisa mengubah peradaban dari tulisan. Tulisan juga lah yang dapat membuat nama kita abadi bersama dengan ide pemikiran kita," ujar dosen program studi Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan Unika Soegijapranata Semarang tersebut. 

Menurutnya, menulis bukanlah bakal spesial yang diberikan Tuhan. Keterampilan menulis dapat dimiliki oleh semua orang ketika orang tersebut mau berusaha dan bekerja keras dalam belajar tentang dunia kepenulisa. 

"Menulis bukanlah bakat spesial yang diberikan oleh Tuhan, melainkan kemampuan yang dapat dimiliki semua orang yang mau berlatih," ujar Amrizarois. 

Dalam kegiatan tersebut, dirinya menjelaskan tips dan teknis menulis artikep kepada puluhan mahasiswa HI Unwahas. Amrizarois juga mengajak peserta menulis abstrak dan tiga peserta dengan abstrak terbaik akan dibimbing langsung hingga submit jurnal. 

"Harapannya ini menjadi angin segar bagi peserta yang memiliki keinginan kuat untuk menelurkan karya dan menuangkan pikirannya melalui tulisan. Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat riset dan kepenulisan, khususnya di kalangan kaum muda," pungkasnya. 

Penulis: Ngismatul Falah
Reactions

Post a Comment

0 Comments