Ticker

6/recent/ticker-posts

75.362 Calon Mahasiswa Baru Lulus SPAN-PTKIN 2023

Pengumuman SPAN-PTKIN. (Foto: istimewa)

 Semarang, DARUS.ID - Sebanyak  75.362 calon mahasiswa baru dinyatakan lulus Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Hasil ini telah diumumkan pada Senin (3/4/2023) lalu melalui laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id.   

"Hari ini diumumkan ada 75.362 siswa yang mendaftar dan dinyatakan lolos seleksi. Mereka berhak kuliah di sejumlah PTKIN yang dipilih,” kata Ketua Panitia SPAN-PTKIN Imam Taufiq dalam keterangan tertulisnya. 

“Jumlah peserta yang lolos seleksi tahun ini lebih banyak dibanding pada SPAN PTKIN 2022. Saat itu, ada 73.944 siswa yang dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN,” imbuhnya. 

SPAN-PTKIN merupakan salah satu jalur seleksi nasional oleh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem terpadu. Jalur SPAN-PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Imam Taufiq menyatakan, bagi calon mahasiswa baru yang sudah lolos bisa melanjutkan ke tahapan pendaftaran ulang. Adapun prosedur daftar ulang SPAN-PTKIN ini ditetapkan oleh masing-masing PTKIN. Calon mahasiswa baru juga bisa memanfaatkan sejumlah beasiswa yang disediakan. 

"Segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN. Beasiswa itu di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya,” katanya. 

Rektor UIN Walisongo Semarang itu mengatakan, setelah penyelenggaraan SPAN-PTKIN, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan mengadakan seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

“Bagi peserta yang belum lolos SPAN-PTKIN, kesempatan kuliah masih ada melalui jalur UM-PTKIN. Pendaftarannya akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023,” ucap Imam Taufiq.

Perbedaan mendasar dari seleksi ini adalah jika pola SPAN tanpa ujian tulis, maka dalam UM-PTKIN akan dilakukan ujian berbasis komputer yang dilaksanakan di masing-masing PTKIN. Link pendaftaran UM-PTKIN adalah sebagai berikut: https://um.ptkin.ac.id/
Reactions

Post a Comment

0 Comments