Ticker

6/recent/ticker-posts

Mulai Tayang 19 Januari, Film Autobiography Kisahkan Perjuangan Politik Purnawirawan

Sutradara Film Autobiography Makbul Mubarak Produser Yulia Evina Bhara dalam acara nonton bareng yang digelar di Cinepolis Java Mall Semarang, Rabu (11/01/2023).

Semarang, DARUS.ID - Jagad industri perfilman Indonesia diwarnai dengan hadirnya sejumlah film layar lebar baru yang bisa ditonton oleh khalayak masyarakat. Salah satu film yang terbilang menarik dan cukup seru yaitu Autobiography. Film ini dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Tanah Air mulai 19 Januari 2023. 

Meski begitu, penayangan nonton bareng Film Autobiography dilangsungkan lebih dahulu dibanding jadwal tayang bioskop nasionalnya. KawanKawan Media sebagai rumah produksi menggelar nonton bareng film Autobiography di Cinepolis Java Mall Kota Semarang pada Rabu (11/01/2023) malam.

Film Autobiography ini menceritakan tentang purnawirawan atau pensiunan TNI bernama Purna yang ingin mencalonkan diri sebagai seorang bupati. Ia hidup bersama pemuda bernama Rakib, yang bekerja sebagai penjaga rumah kosong sekaligus asisten Purna.

Rakib yang karib disapa Kib dalam film itu bekerja untuk Purna. Dia menggantikan ayahnya yang sedang mendekam di jeruji penjara karena menentang pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di kampungnya. 

Pada 30 menit awal, penonton akan digambarkan bagaimana purnawirawan tersebut pulang kampung dan menempati kembali rumah yang selama ini dijaga Rakib. Bukan tanpa alasan, Purna pulang karena ingin mencalonkan diri sebagai bupati di sana.

Berbagai konflik pun mulai muncul saat film memasuki menit ke 60. Rakib yang menjalani hari-hari biasa tiba-tiba mendapat tugas tambahan membantu pencalonan bupati Purna. Ia terlibat dalam proses pencalonan Purna sebagai bupati. 

Setiap hari, Rakib menemani Purna melaksanakan sejumlah kegiatan sebagai calon bupati. Mulai dari menemani kampanye, memasang spanduk, hingga membersihkan masalah dan penghalang yang dapat mengganggu keberhasilanya meraih kursi bupati.

Akhirnya, sebuah kejadian tak terduga menimpa mereka saat Rakib mendapat tugas membersihkan masalah yang berhubungan dengan proses kampanye Purna. Kondisi itu pun mengubah semua pandangan Rakib terhadap bosnya.

Lalu pada puncak konfliknya yaitu pada suatu malam di tengah hutan, Rakib merencanakan pembunuhan terhadap Purna. Di tengah-tengah perjalanan, mereka berdua turun dari mobil. Lantas Rakib menembak Purna dengan sniper yang sudah dipersiapkannya hingga menyebabkannya meninggal dunia. 

Dengan kejadian ini, maka perjuangan politik Purna untuk menjadi bupati akhirnya gagal. Ambisi purnawirawan untuk duduk di kursi pemerintahan terhenti setelah ditembak mati oleh anak buahnya sendiri. 

Raih Banyak Penghargaan


Film Autobiography merupakan hasil kolaborasi sutradara Makbul Mubarak dan diproduseri oleh Yulia Evina Bhara dan diproduksi oleh rumah produksi KawanKawan Media. Film ini dijadwalkan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 19 Januari 2023.

Sutradara film Autobiography, Makbul Mubarak usai acara nonton nareng di Cinepolis Java Mall, Rabu (11/01/2023), mengatakan bahwa film ini sebelumnya telah melanglang buana ke lebih dari 25 festival film di seluruh dunia.

"Dan berhasil meraih banyak penghargaan baik dalam skala nasional maupun iternasional. Di Indonesia, film ini sempat melakukan penayangan terbatas pada kompetisi Jogja-Netpac Asia Film Festival 2022," ujarnya kepada awak media di Cinepolis Java Mall Semarang, Rabu (11/01/2023).

Makbul mengatakan, antusiasme penonton terhadap film Autobiography terlihat saat gelaran tersebut. Bahkan setelah dua jadwal penayangan utama tiketnya habis dalam waktu kurang dari 30 menit. 

"Autobiography meraih penghargaan tertinggi Golden Hanoman Award, juga mendapatkan Piala pada malam penganugerahan Festival Film Indonesia 2022 dalam kategori Penulis Skenario Asli Terbaik," bebernya. 

Lanjutnya, prestasi-prestasi tersebut juga dipastikan membuat antusiasme dan rasa penasaran penonton Indonesia terhadap film Autobiography semakin tinggi. Selain di level nasional, film ini juga bersinar di kancah internasional. 

"Beberapa penghargaan yang diterima sebelumnya antara lain The International Critics Prize for Best Film in Orizzonti from the International Federation of Film Critics (FIPRESCI) Venice Film Festival 2022," sambung Makbul.

Penghargaan selanjutnya Feature Fiction Award Winner Adelaide Film Festival Winner 2022, Grand Prize Winner-TOKYO FILMeX International Film Festival 2022, Best Screenplay-Asia Pacific Screen Awards 2022, NETPAC Award-Taipei Golden Horse Film Festival 2022, dan lainnya. 

Sekadar informasi, film ini tayang perdana secara internasional di Venice Film Festival 2022 pada 2 September lalu. Juga diputar di sejumlah festival film bergengsi lainnya seperti Toronto International Film Festival 2022, Busan International Film Festival 2022, hingga Adelaide Film Festival 2022.

Autobiography dibintangi Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Yusuf Mahardika, Lukman Sardi, hingga Rukman Rosadi. Film ini juga menjadi penampilan terakhir Gunawan Maryanto yang meninggal dunia pada 2021 lalu. 

(Athok Mahfud)

Reactions

Post a Comment

0 Comments