Ticker

6/recent/ticker-posts

Sambut Hari Santri, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Lomba untuk Anak TPQ

Semarang, DARUS.ID - Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2021, mahasiswa Kelompok 53 KKN Reguler ke-77 UIN Walisongo menggelar lomba untuk anak-anak di TPQ Darul Hidayah Desa Tamanrejo, Kecamatan Limbangan, Kendal. 

Festival santri yang diadakan selama dua hari, Kamis dan Jumat, 21 dan 22 Oktober 2021 ini terdiri dari Lomba Tartil Al-Qur’an, Hafalan Surah Pendek, Lomba Adzan, dan Lomba Cerdas Cermat.

Acara ini dipandu salah satu mahasiswa KKN kelompok 53 dilanjutkan sambutan dan pembukaan oleh Kepala TPQ, Ahmad Hambali. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan para juri yang merupakan beberapa mahasiswa KKN UIN Walisongo. 

“Peserta festival lomba Hari Santri Nasional berjumlah sekitar 70 santri yang terdiri dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan Madrasah Diniyah (Madin),“ kata Fathin Hanifah, Divisi Pendidikan dan Keagamaan Kelompok 55. 

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari para pengusuh TPQ dan Madin serta antusias dari orang tua para santri yang menyaksikan festival lomba tersebut. Para peserta lomba pun terlihat bersemangat dan senang mengikuti beberapa lomba yang diselenggarakan.

“Saya mewakili seluruh guru TPQ dan Madin mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa KKN UIN Walisongo atas partisipasinya. Semoga kegiatan ini dapat berlangsung bagi kami dalam memperingati HSN berikutnya, untuk memupuk semangat dan antusias para santri dalam belajar,“ ujar Hambali.

Kegiatan hari pertama Kamis 21 Oktober 2021, diawali dengan lomba Tartil Al-Qur’an dan lomba Adzan yang diikuti para santri Madin sedangkan lomba hafalan surah pendek diikuti para santri TPQ. Hari kedua Jumat 22 Oktober 2021 diadakan lomba Cerdas Cermat untuk seluruh santri TPQ dan Madin.

“Seneng banget bisa ikut lomba-lomba bareng teman-teman, sebelumnya belum pernah. Menang kalah biasa, harapannya semoga bisa ikut lomba-lomba dalam memeperingati HSN lagi tahun berikutnya,“ kata Silvi, salah satu santri Madin.

Sementara itu, Koordinator Kelompok 53 KKN UIN Walisongo, Ilham Safa’at mengucapkan terima kasih atas pasrtisipasi dan kerjasamanya. Semoga dengan kegiatan ini dapat memupuk semangat para guru dan santri dalam memeriahkan Hari Santri Nasional di tahun-tahun berikutnya. 

“Alhamdulillah terima kasih atas kerjasamanya, akhirnya kita bisa melaksanakan kegiatan festival lomba dengan lancar dan mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi acuan para santri untuk terus semangat dalam belajar mencari ilmu agama,“ kata Ilham.

Kemudian, kegiatan tersebut ditutup dengan doa bersama para pengurus dan para santri, dilanjutkan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah oleh mahasiswa KKN kelompok 53. Di akhir kegiatan terdapat sesi foto bersama dan video ucapan selamat Hari Santri Nasional 2021 Santri Siaga Jiwa Raga.


Reactions

Post a Comment

0 Comments