Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Kenalkan Strategi Dakwah Sunan Kalijaga Lewat Podcast


Semarang, DARUS.ID - Mahasiswa kelompok 04 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) Dari Rumah (DR) ke-12 UIN Walisongo Semarang mengenalkan strategi dakwah Sunan Kalijaga lewat podcast berjudul “Strategi Dakwah Walisongo Dalam Kajian Budaya” di kanal Youtube KKN MIT DR-12 KEL 04, Rabu (04/08/21).

Video itu merupakan epidose pertama dengan yang fokus mebahas strategi dakwah Sunan Kalijaga. Sedangkan selanjutnya akan dirilis episode kedua dengan topik mengenai strategi dakwah Sunan Gunung Jati.

 “Podcast ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman masyarakat mengenai strategi dakwah walisongo dalam kajian budaya yang pada kali ini membahas tentang sunan kalijaga,” kata Hafiedz Ayatal Maula, Koordinator Kelompok 04 KKN MIT DR-12.

Episode pertama Podcast kali ini menghadirkan budayawan yang menjabat Ketua LESBUMI PWNU DIY, Awalludin G. Muallif sebagai
narasumber. 

Awalludin G. Muallif menjelaskan, salah satu alasan strategi dakwah Sunan Kalijaga dapat diterima masyarakat luas yaitu dengan mengunakan internalisasi nilai-nilai Islam dalam budaya Jawa. 

"Bahwa Sunan Kalijaga salah satu sunan yang mempunyai banyak kelengkapan. Beliau tidak hanya seorang seniman juga seorang budayawan. Sementara waktu dahulu wayang merupakan salah satu media yang digemari oleh masyarakat. Masyarakat membayar dengan dua kalimat syahadat" ujar Pak Awalludin G. Mualif.

Di akhir podcast, ia menuturkan bahwa nilai- nilai yang diajarkan Sunan Kalijaga yaitu “urip iku urup” yang bermakna, hatinya seseorang itu harus bercahaya. Karena sebelum kita dapat menerangi masyarakat, yang kita terangi adalah hati kita sendiri.

Reactions

Post a Comment

0 Comments