Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bagikan Masker Sekaligus Sosialisasikan 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat


Semarang, DARUS.ID - Mahasiswa kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terpogram - Dari Rumah (MIT-DR) ke 12 UIN Walisongo Semarang membagikan masker sekaligus melakukan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada warga Desa Garung Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Minggu (01/08/21).

Dhurun Nafis, mahasiswa KKN UIN Walisongo mengatakan, kegiatan ini dilakukan uuntuk saling mengingatkan kepada sesama agar selalu menjaga protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas di luar rumah, sehingga dapat meminimalisir penyebaran covid-19. 

“Di sisi lain juga harus melaksanakan 10 PHBS di rumah tangga, selalu menjaga kebersihan lingkungan menjadi salah satu kunci dapat terhindar dari covid,” ujarnya.   

Ia melanjukan, pembagian masker ini untuk menyadarkan masyarakat untuk selalu memakai masker ketika melakukan aktifitas di luar rumah. 

“10 PHBS di rumah tangga yaitu persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, tidak merokok di dalam rumah,” jelasnya.

Sementara itu, Esti Puji Susanti, warga Desa Garung Kidul menilai kegiatan ini merupakan sebuah langkah aktif untuk selalu menerapkan prokes. 

"Ditambah lagi dipadukan dengan kegiatan sosialisasi 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di rumah tangga agar masyarakat selalu menjaga menjaga kesehatan di rumah, mengingat angka masyarakat yang terjangkit Covid-19 masih tinggi dan ditambah penyakit lainnya yang dapat mengintai ketika tidak menjaga kesehatan dengan baik,”ujar Esti. 

Reporter: Dhurun Nafis, mahasiswa Kelompok 4 KKN MIT-DR ke-12 UIN Walisongo Semarang

Reactions

Post a Comment

0 Comments