Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Fasilitas untuk Mutu Pendidikan yang Berintegritas

FASILITAS sekolah merupakan salah satu komponen yang dapat membantu mencapai tujuan pendidikan. Mutu pendidikan pada sekolah dapat ditinjau dari keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Fasilitas sekolah juga sebagai acuan tolak ukur dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tersedianya fasilitas belajar yang memadai secara kuantitatif, kualitatif dan relevan dengan kebutuhan serta dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan proses pendidikan dan pengajaran, baik oleh guru sebagai pengajar maupun murid-murid sebagai pelajar (Mulyasa, 2003). 

Ada beberapa permasalahan yang terjadi saat ini terkait fasilitas sekolah dasar di Rote Ndao, NTT. Pertama, fasilitas sekolah yang minim. Permasalahan ini sangat sering terjadi di berbagai sekolah, khususnya sekolah dasar di Rote Ndao dimana sekolah terpencil yang jauh dari perkotaan. Para siswa juga tidak bisa menikmati fasilitas sekolah yang memadai seperti fasilitas yang terdapat pada sekolah di perkotaan. Fasilitas ruang kelas yang dapat dikatakan sudah tidak layak pakai, meja dan kursi yang sudah rapuh, serta atap yang bocor. Hal tersebut akan berpengaruh pada mutu pendidikan di sekolah tersebut. 

Maka dari itu, sebaiknya lembaga pada sekolah tersebut berusaha untuk melengkapi serta memperbaiki sarana dan prasarana yang sudah tidak layak pakai.

Kedua, alokasi dana yang terhambat. Permasalahan tersebut juga sering terjadi di kalangan pendidikan. Kassubag Evaluasi Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbud mengatakan bahwa terdapat 2 kendala yang mengakibatkan penyaluran dana BOS terhambat. 

Pertama, sekolah belum menginput data dengan benar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Hal tersebut mengharuskan pihak sekolah untuk menginput sesuai fakta terkait dana BOS, tunjangan guru, penetapan fasilitas sekolah, dan bantuan dana lainnya dari Dapodik.  Kedua, akurasi data rekening antara yang didapat dari Dapodik dan Pemerintah Provinsi juga tidak sama sehingga perlu adanya verifikasi ulang untuk bang meretur dana BOS tersebut. 

Ketiga, perawatan fasilitas sekolah yang kurang baik. Tanggung jawab dalam merawat fasilitas sekolah adalah seluruh warga di sekolah. Sikap ketidakpedulian terhadap lingkungan sekitarnya dapat fasilitas di sekolah. Jika beberapa fasilitas disekolah yang sudah rusak, maka warga sekolah akan enggan untuk menggunakannya. Oleh karena itu, sangat perlu adanya sikap kesadaran serta tanggung jawab seluruh warga di sekolah terhadap perawatan fasilitas sekolah di sekitarnya. 

Ditinjau dari ketiga permasalahan tersebut, memang fasilitas di sekolah harus lebih diperhatikan guna mencapai tujuan pendidikan. Beberapa permasalahan tersebut akan menghambat proses pembelajaran dan akan menimbulkan beberapa problematika pada pendidikan. Jika permasalahan tersebut tidak segera teratasi, maka peningkatan mutu pendidikan pun juga akan terhambat. 

Terdapat beberapa solusi yang dapat direalisasikan untuk mengatasi permasalahan mengenai fasilitas sekolah. Kelengkapan fasilitas sekolah harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Semua fasilitas yang ada disekolah harus tetap dalam kondisi siap pakai, sehingga perlu adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan bisa dikatakan berhasil apabila fasilitas sekolah itu selalu siap pakai di setiap saat bila dibutuhkan oleh personil sekolah yang akan menggunakannya.

Dalam pengadaan fasilitas sekolah harus sesuai dengan perencanaan dari apa yang dibutuhkan di sekolah tersebut. Perencaan ini dilakukan dengan hati-hati untuk mendapatkan kualitas sarana dan prasarana sekolah yang bagus. Kegiatan perencanaan dilakukan agar pemakaian fasilitas sekolah digunakan sebaik-baiknya dan mengurangi pemborosan dana. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan diharapkan agar semua perlengkapan yang didapatkan sekolah adalah sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan berkualitas tinggi. Maka diharapkan seluruh warga sekolah dapat menggunakannya sesuai dengan prosedur pemakaian yang benar

Ketika mengelola fasilitas sekolah pun juga harus ada penanggungjawab di setiap fasilitasnya, sehingga pengelolaan sarana dan prasana sekolah akan berjalan dengan baik. Mseluruh warga sekolah harus saling bekerja sama dalam mengelola sarana dan prasarana sekolah, meskipun setiap individu memiliki tugas serta tanggungjawab masing-masing. Sehingga sarana dan prasarana sekolah akan terjaga dengan baik dan sesuai dengan perencanaan. 

Jadi, kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah sangat penting. Apabila sarana dan prasarana sekolah memadai, maka siswa dapat menikmati dan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Sehingga peningkatan mutu pendidikan akan mudah tercapai. Mutu pendidikan yang unggul dapat menciptakan generasi muda yang berkualitas. 

Penulis: Fatimatuz Zahro, Mahasiswi Jurusan Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibarahim Malang
Reactions

Post a Comment

0 Comments