Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Mempelajari Sirah Nabawiyah


MEMBACA dan mengkaji Sirah Nabawiyah dapat membantu seorang muslim mengetahui sikap dan kepribadian Nabi Muhammad lebih dekat lagi, sehingga lebih mencintainya dan menguatkan keinginan mengikuti sunnahnya. Di dalam Sirah Nabawiyah terdapat apa yang didambakan oleh setiap muslim dan pendamba kesempurnan, baik berkenaan dengan masalah-masalah agama, dunia, iman, akhlak, ilmu, amal, adab, sosial, ekonomi, dan politik.   

Para ulama salaf meyakini bahwa mempelajari Sirah Nabawiyah akan membawa dampak yang sangat positif bagi pendidikan generasi yang salih yang dapat membawa panji keislaman, mau mengorbankan jiwa dan hartanya untuk menegakkan risalah Islamiyah. Menurut Said Ramdan al- Buti, tujuan mempelajari Sirah Nabawiyah bukanlah semata mengkaji peristiwa sejarah atau menyimak kisah dan peristiwa yang luar biasa. 

Karena itu kita tidak boleh mengangap kajian ini sebagai kajian sejarah semata. Secara umum tujuan utamanya adalah untuk memberikan gambaran tentang hakikat Islam yang secara keseluruhan telah termanifestasi dalam kehidupan Nabi Muhammad. 

Adapun Said Ramdan Al- Buti menjelaskan beberapa fungsi Sirah Nabawiyah. Pertama, memahami pribadi Rasulullah SAW yang bersifat kenabian dari sela-sela kehidupan dan kondisi dimana beliau hidup. Hal ini berguna untuk menambah keyakinan bahwa Nabi Muhammad bukanlah seorang yang cerdas yang menonjol di kalangan masyarakatnya. Lebih dari itu, beliau adalah seorang rasul yang dikuatkan oleh Allah dengan wahyu dan bimbingan-Nya. 

Kedua, agar seorang mendapatkan gambaran mengenai contoh yang ideal dalam berbagai bidang kehidupan sebagai pedoman hidup baginya. Ketiga, seseorang akan menemukan pengetahuan yang dapat membantu memahami Kitab Allah, mampu menghayati spirit dan tujuannya. 

Selanjutnya, seorang muslim akan mampu menghimpun banyak pengetahuan keislaman yang benar. Karena tidak diragukan lagi bahwa kehidupan Nabi Muhammad merupakan gambaran nyata dari keseluruhan prinsip dan hukum Islam. 

Selain itu, dengan mempelajari sirah nabawiyah juga dapat memberikan contoh praktis dan hidup bagi pendidik dan pendakwah Islam tentang metode pendidikan dan pengajaran. Karena Nabi Muhammad adalah seorang pendidik, pemberi nasihat, dan pengajar yang sangat baik. 

Buku Rujukan: 
Syeh Syafiyurrahman Al- Mubarakfuri, Sejarah Hidup Rasulullah

Reactions

Post a Comment

0 Comments