Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Aplikasi Populer saat Jalani Aktivitas #dirumahaja Karena Pandemi Covid- 19





Sejak virus corona (Covid-19) mewabah di negeri ini pada awal Maret lalu, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memutus rantai penyebarannya. Salah satu kebijakan yang diterapkan yaitu pembatasan fisik. Masyarakat dilarang berkerumun dan diminta untuk membatalkan berbagai kegiatan sosial yang memungkinkan massa berkumpul. 

Pada masa pandemi ini, pemerintah menggencarkan gerakan #dirumahaja. Berbagai kegiatan sosial masyarakat dialihkan menjadi sistem online. Para pekerja dan pelajar tetap melakukan tanggung jawabnya dengan memanfaatkan teknologi sesuai kebutuhannya masing-masing 

Smartphone dan internet menjadi kebutuhan penting. Berbagai platform dan aplikasi dapat digunakan untuk mendukung kegiatan secara virtual. Banyak pula aplikasi yang mendadak populer selama aktivitas #dirumahaja. 

Berikut ini empat aplikasi yang banyak digunakan selama masa pandemi ini. 

Zoom

Zoom mendadak menjadi aplikasi yang sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menggantikan pertemuan fisik karena tidak kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung. 

Zoom menyediakan konferensi video yang dapat melibatkan ratusan partisipan dalam satu waktu. Untuk rapat kerja maupun kegiatan belajar-mengajar seringkali menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan akun, seseorang dapat melakukan panggilan vidio selama 40 menit secara gratis.

Google Classroom

Untuk menggantikan pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi, banyak orang yang menggunakan platform Google Classroom. Para guru dan murid dapat berinteraksi dan membuat forum secara virtual melalui platform ini. 

Lewat Google Classroom, guru dapat memberikan tugas dan memberikan nilai. Sedangkan bagi murid, mereka bisa mendapatkan materi belajar dan mengumpulkan tugas di platform ini.

WhatsApp

Sebagai layanan berkirim pesan instan yang paling populer di Indonesia, WhatsApp digunakan mulai dari anak sekolah hingga orang tua. Biasanya untuk berkirim kabar secara singkat dan cepat, terutama saat tidak bisa keluar rumah seperti saat ini. 

Bahkan untuk memberikan layanan informasi yang valid ke masyarakat seputar Covid- 19, WhatsApp bekerja sama dengan berbagai pihak, antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika serta organisasi kesehatan dunia WHO. Melalui platform ini masyarakat juga bisa mendapatkan informasi seputar perkembangan Covid-19 dengan mudah. 

Tik Tok

Platform media sosial yang berupa streaming vidio ini sering digunakan banyak orang sebagai hiburan. Para warganet memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat dirinya semakin eksis di dunia maya. Mereka membuat vidio kreatif dengan berbagai macam konten seperti humor, parodi, dan lain-lain. 

Di masa pandemi aplikasi ini menjadi semakin populer. Tik Tok sudah mengantongi lebih dari 100 juta unduhan hanya dari Google Play Store. Aplikasi ini juga masuk ke Top Charts Apps di Play Store.

Artikel ini bersumber dari laman Pikiran Rakyat dengan judul 5 Aplikasi yang Populer saat #Dirumahaja karena Pandemi COVID-
Reactions

Post a Comment

0 Comments