Ticker

6/recent/ticker-posts

10 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh


BERPUASA
artinya menahan lapar dan haus dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Salah satu tujuan Puasa Ramadan disebutkan dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183 adalah untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Puasa  memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berpuasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik dari menjaga berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik. Akan tetapi makanan yang dikonsumsi selama berpuasa tentu harus bergizi seimbang.

Melansir berbagai sumber, berikut manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa  mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa. Selain itu, ada juga berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes.

Membantu memperbaiki kondisi medis

Berpuasa, diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Memperbaiki suasana hati

Setelah beberapa hari berpuasa, proses detoksifikasi fisik dan mental dalam tubuh dapat berjalan secara alami. Ditoksifikasi fisik bisa terjadi karena racun yang tersimpan dalam lemak tubuh dapat terurai. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan hormon endorfin. Saat tubuh memiliki lebih banyak hormon endorfin, anda bisa merasakan lebih baik atau lebih bahagia. Dengan hormon endorfin yang lebih banyak maka, anda bisa merasakan kesehatan mental yang lebih baik. 

Membantu penurunan berat badan

Secara teori, pantang makan dan minum selama beberapa saat dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Selain membatasi asupan kalori, kadar lemak secara bertahap dapat menurun dan menjaga jaringan otot. Studi juga membuktikan, puasa dapat meningkatkan metabolisme. Caranya dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat membantu penurunan berat badan.

Sehat bagi ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring racun dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan asmosis urin mencapai 1.000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Puasa bermanfaat untuk mencapai fungsi maksimal ginjal, sehingga ginjal menjadi sehat.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa tingkat limfosit dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat. Hal ini membuat kekebalan tubuh meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Meningkatkan fungsi otak

Puasa bermanfaat meningkatkan neurotropik yang berfungsi untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Dan berdampak pada meningkatnya fungsi otak. Dengan begini, kemampuan berpikir seseorang terjaga dan meningkatkan kecerdasan.

Pembentukan sperma

Setelah dilakukannya penelitian, sperma akan berkembang lebih pada saat kita berpuasa. Sperma berkembang melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis.

Memperbaiki pola makan

Dengan pola makan yang berubah anda tentu merasa lapar. Tetapi, anda dapat berlatih dengan puasa, sehingga anda mempunyai kesabaran untuk menahan lapar dan terbiasa menjalaninya. Anda juga dapat latihan makan dengan porsi yang jelas yaitu tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Membersihkan kulit dan jerawat

Dengan pola makan yang benar dan makanan yang bersih saat berpuasa anda akan mempunyai organ-organ yang baik. selain itu tubuh sedang bebas dari tugas memproses makanan di pencernaan.
Dengan cara ini, tubuh dapat lebih memfokuskan energi untuk melakukan proses regeneratif pada sistem lain.

Penulis: Anis Nurul Hikmah
Reactions

Post a Comment

0 Comments